Tata Cara Umroh Sesuai Tuntunan Syari'at

Khazzanah Tour

Khazzanah Tour

PT. Galih Tunggal Perkasa
Jl. Terusan Igusti Ngurah Rai No. 06
Pondok Kopi - Jakarta Timur 13460

0813 8418 1574 - 0857 1584 4127
0812 1957 6706 - 0877 8719 3909

Tata Cara Umroh Sesuai Tuntunan Syari'at

Tata Cara Umroh – Menggapai Keberkahan dari Allah


Seperti hal ibadah yang lain yang disyariatkan dalam agama Islam yang kesemuanya sudah pasti ada tuntunan atau tata cara nya agar semua ibadah yang kita kerjakan itu tidaklah menjadi sia sia tapi justu akan menambah keberkahan dan keridhoan Allah jika kita melaksanakan sesuai dengan ajaran yang disyariatkan dalam agama. Oleh karena nya hal tersebut juga berlaku pada Ibadah Umroh yang Tata Cara Umroh itu sendiri tidak diajarkan sebanyak tata cara ibadah yang lain baik itu di pesantren maupun di majelis majelis taklim, karena umroh adalah ibadah yang dilaksanakan secara khusus dan perlu persiapan serta jadwal yang tersusun rapi agar program yang anda pilih pada Biaya Paket Umroh 2016 bisa menggapai keberkahan.

Hampir semua Travel Umroh memberikan bimbingan atau manasik terlebih dahulu sebelum keberangkatan jamaah, ada yang menyelenggarakan bimbingan tersebut satu kali, ada yang dua kali sebelum keberangkatan disesuaikan dengan situasi dan kondisi, jika pihak travel merasa satu kali sudah cukup untuk melaksanakan bimbingan manasik umroh maka tidak perlu sampai dua kali.

Sebagaimana kita ketahui bersama Ibadah umroh sering disebut haji kecil, yang artinya tata cara pelaksanaan umroh tidak jauh berbeda dengan tata cara haji. Dalam kesempatan ini kami dari Manajemen Khazzanah Tour mohon dengan kerendahan hati dan bukan maksud untuk menggurui untuk dapat menjelaskan Cara Umroh yang sesuai dengan Syariat yang diajarkan.

Tata Cara Umroh Praktis Namun Sesuai Dengan Sunah



Bila kita melaksanakan atau berangkat umroh dari Madinah

Menuju tempat miqot, miqot adalah tempat dimana kita mulai berniat umroh yang tentunya ikhlas karena Allah dan mulai memakai pakaian ihram. Adapun tempat miqot itu Bir Ali, Jaronah dan Hudaibiyah. Diperbolehkan juga kita memakai pakaian ihram itu dari Madinah agar kita tidak repot ganti pakaian, tetapi kita tetap berniat umroh dari tempat miqot tersebut.

Sejak kita mengenakan pakaian ihram, kita tidak diperbolehkan lagi memakai wangi wangian, memakai sabun ketika mandi, menggosok gigi dengan pasta gigi, memakai tutup kepala atau peci ataupun mengenakan pakaian lain.

Perjalanan dari Madinah sampai ke Mekkah sebanyak banyaknya mengucapkan kalimat talbiyah.

Sesampainya kita di Masjidil Haram, kita melakukan tawaf mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh putaran yang mana tiga putaran pertama berlari lari kecil, empat putaran selanjutnya berjalan biasa. Tempat mulainya tawaf adalah garis lurus meskipun garis ini tidak ada namun kita dapat memahaminya yaitu antara pintu Ka’bah dan tanda lampu yang dipasangkan di sisi masjid. Dan pada garis batas ini dalam tiap putaran kita melihat Ka’bah dengan melambaikan tangan 3 kali seraya mengucapkan “Bismillahi Allahu Akhbar”, dan sepanjang melaksanakan putaran tawaf kita membaca doa, untuk doa yang paling mudah adalah doa sapu jagat.

Setelah melakukan tawaf kita sholat dua rakaat di depan Hijir Ismail, dilanjutkan meminum air zam zam yang tidak ketinggalan membaca doa meminum air zam zam terlebih dahulu. Selanjutkan kita melakukan Sa’i yaitu pejalanan dari bukit Shofa ke bukit Marwah sebanyak tujuh kali bolak balik dengan cara perhitungan dari bukit shofa ke bukit marwah itu yang pertama dan dari bukit marwa ke bukit shofa itu yang kedua begitu seturus nya sampai tujuh kali dengan demikian yang berakhir di bukit marwa. Sai dilakukan dengan berjalan tetapi pada batas antara dua lampu kita diharuskan berlari lari kecil.

Penutup rangkaian Tata Cara Umroh adalah tahalul yaitu mencukur rambut hanya sebagian saja, tapi yang lebih afdhol adalah mencukur semua rambut dikepala. Tetapi bukan berarti kita mengundulkan kepala pada saat kita melakukkan perjalan terakhir atau yang ketujuh dari Sa’i begitu kita sampai di bukit Marwa, disini kita hanya mencukur sebagian rambut saja dengan menggunakan gunting, setelah kita keluar pelataran dan melihat ada tukang cukur baru kita bisa mencukur rambut atau menggundulkan kepala kita bagi laki-laki.

Dengan mencukur rambut alhamdulillah kita telah selesai melaksanakan ibadah umroh dan insya Allah rukun dan syarat nya terpenuhi dengan sempurna maka sempurnalah ibadah umroh kita pada Umroh Desember 2016.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai umroh atau Paket Biaya Umroh yang diluncurkan Khazzanah Tour silahkan hubungi Nomer yang tertera di web site ini atau anda dapat mengunjugi langsung kantor pusat kami yang beralamat di Jalan. I Gusti Ngurai Rai No. 6, Pondok Kopi – Duren Sawit, Jakarta Timur. Kepuasan anda adalah kebahagian kami. Informasi lain Umroh Desember 2016

Tata Cara Umroh Sesuai Tuntunan Syari'at Khazzanah

Afiliasi Khazzanah Tour Travel