Jenis Visa Yang Dikeluarkan KBSA

Khazzanah Tour

Khazzanah Tour

PT. Galih Tunggal Perkasa
Jl. Terusan Igusti Ngurah Rai No. 06
Pondok Kopi - Jakarta Timur 13460

0813 8418 1574 - 0857 1584 4127
0812 1957 6706 - 0877 8719 3909

Mengenal Jenis Jenis VISA Yang Dikeluarkan KBSA

Visa Yang Dikeluarkan Oleh Arab Saudi



Bagi anda yang berniat berangkat ke Saudi Arabia, baik itu untuk wisata, melaksanakan ibadah umroh maupun berangkat menunaikan ibadah haji, ada baik anda mengetahui jenis visa yang dikeluarkan oleh Saudi Arabia, untuk mengantisipasi anda gagal berangkat atau terhalang pada saat pemeriksaan visa di bagian imigrasi dibandara Internasional King Abdul Aziz karena masalah visa. Semoga yang kami sampaikan pada artikel kali ini dapat membantu atau menambah wawasan anda.

Perlu anda ketahui sampai saat ini Saudi Arabia tidak pernah mengeluarkan visa turis, jadi jika anda mendapatkan visa turis untuk berangkat ke Saudi Arabia sudah dipastikan anda akan tertahan di imigrasi bandara. Adapun visa yang dikeluarkan oleh Saudi Arabia antara lain Visa Umroh, Visa Haji, Visa Studi, Visa Kunjungan Keluarga, Visa Bisnis dan Visa Kerja.

Mengurus Visa di Kedutaan Besar Saudi Arabia tidaklah sulit seperti yang anda bayangkan, hanya saja membutuhkan waktu dan proses yang cukup lama, oleh karena banyak yang menggunakan biro jasa pengurusan visa untuk mendapatkan selain visa haji dan visa umroh, karena visa haji maupun visa umroh akan dibantu pengurusannya melalui Biro Perjalanan Haji dan Umroh yang anda pilih.

***
Pengurusan Visa Kunjungan Keluarga dan Visa Bisnis

Untuk pengurusan visa kunjungan keluarga membutuhkan surat undangan oleh keluarga yang tentunya mengundang anda ke Saudi Arabia. Begitu juga dalam mengurus visa bisnis anda membutuhkan undungan dari perusahaan rekan bisnis anda yang berada di Saudi Arabia.

Visa Kerja dan Visa Studi

Bagi anda yang ingin bekerja atau belajar di Saudi Arabia jika anda sudah memegang work visa dan student visa, priksa kembali sudah distempel di paspor masing-masing atau belum, saat anda menginjakan kaki di Saudi Arabia, Pemerintah Saudi juga akan memberikan Iqamah (KTP versi Arab Saudi). Yang perlu ada ketahui, tidak semua pemegang work visa dan student visa diberikan izin untuk mengundang keluarganya di tanah air untuk berkunjung ke Saudi, karena semua itu tergantung kesepakatan antara pemegegang visa dengan penanggung jawab visa dalam hal ini perusahaan dan universitas.

Adapun keluarga yang bisa diundang untuk datang ke Saudi hanya ibu dan ayah dari pemegang work visa maupun student visa. Untuk keluarga yang lain, seperti kakek, nenek, paman, bibi, kakak, adik atau pun yang masih ada silsilah keluarga tidak akan dapat datang ke Saudi Arabia dengan menggunakan visa kunjungan keluarga.

Berangkat Ke Saudi Arabia untuk Ibadah Umrah ataupun Ibadah Haji


Yang perlu anda ingat, Visa Umroh dan Visa Haji itu bebas biaya alias gratis, tidak diragukan lagi alias benar 100%. Namun ada wacana yang sudah muncul beberapa tahun ini bahwa Pihak Arab Saudi mengenakan biaya visa bagi yang sudah pernah melaksanakan haji maupun umroh dan sampai saat ini hal tersebut hanya sebatas wacana belum sampai pada realisasinya. Adapun biaya yang dikenakan untuk jamaah haji dan umroh adalah biaya pembuatan atau pengurusan visa nya bukan untuk biaya visa itu sendiri.
Dengan menggunakan visa haji dan visa umroh anda hanya akan akan diperolehkan atau diizinkan mengunjungi dua kota suci yaitu kota suci Mekkah dan kota suci Madinah, pintu kedatangannya pun hanya ada di Jeddah dan Madinah.

Pada saat musim melaksanakan ibadah umroh maka anda akan mendarat diterminal internasional dengan visa umroh bisa di Bandara Jeddah dan Madinah tergantung maskapai yang anda pergunakan.

Dan pada saat musim haji anda akan landing di terminal haji dipintu kedatangan Jedah atau Madinah tentunya mempergunakan visa haji. Terminal haji dipergunakan hanya untuk jamaah haji saja, tidak ada orang atau petugas yang tidak berkepentingan bisa di berada di terminal kedatangan haji.

Bagi anda jamaah haji atau umroh agar berhati-hati bila ada niat berkeliling keluar Haramain atau Jeddah ada baiknya dibatalkan niat anda tersebut karena resiko yang mungkin akan timbul anda bisa tertangkap oleh polisi di tempat pemeriksaan yang ada disetiap pintu masuk kota besar yang berada di Saudi Arabia, dan biasanya yang tertangkap akan segera diminta untuk berbalik arah serta tidak diberikan izin untuk melanjutkan perjalan atau bahkan anda bisa dibawa ke kantor polisi terdekat.

Mungkin ada pernah dengan ada jamaah umroh yang melakukkan ibadah umroh dengan visa transit. Sudah pasti penumpang yang transit ini adalah seorang muslim yang transit di Jeddah selama beberapa hari dari perjalanan mereka ke Eropa. Untuk bisa berumroh dengan menggunakan visa transit anda harus menggunakan maskapai penerbangan Saudi Arabia saja, yang sudah barang tentu visa transit sudah harus di apply jauh-jauh hari di Kantor Perwakilan Saudi Arabia yang berada di Jakarta. Untuk mendapat visa transit ini ada beberapa persyaratan lain diluar persyaratan pengurusan visa yang lain seperti; Itenary perjalanan anda, Tiket Pesawat Pulang Pergi dengan maskapai milik Saudi Arabia saja, Bukti booking hotel selama anda di kota suci Mekkah.

***
Bagi warga negara Indonesia yang sedang ada ikatan kerja di Saudi Arabia, anda bisa melaksanakan umroh kapan saja semampu anda melakukannya. Akan tetapi jika anda ingin melaksanakan ibadah haji meskipun anda bekerja di Saudi harus menggunakan Tasrih atau izin dan anda harus bergabung dengan rombongan atau grup hari dari Saudi anda pun akan dimintakan bukti iqamah anda serta membayar biaya haji sesuai dengan kententuan yang berlaku saat anda ingin melaksanakan ibadah haji. Peraturan ini juga berlaku untuk penduduk asli Saudi Arabia. Kalau di Indonesia bisa berangkat kembali setelah 10 tahun tapi untuk pemegang visa kerja, visa studi dan penduduk asli bisa menunaikan ibadah haji dalam kurun waktu 5 tahun sekali.

***
Kami Khazzanah Tour and travel sudah dari tahun 2001 membuka jasa penyelengara umroh dan haji plus kuota dan haji plus non kuota siap melayani anda untuk melaksanakan ibadah haji dan umroh sesuai dengan program yang kami tawarkan. Untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi nomor yang ada di header web site ini atau dapat berkunjung langsung ke kantor pusat kami yang beralamat di Jalan Terusan I Gusti Ngurah Rai No. 6 Pondok Kopi – Jakarta Timur guna menanyakan langsung mengenai program yang ada.

Artikel Menarik Lainnya
Paket Umroh Ramadhan
Paket Umroh Plus Turki

Mengenal Jenis Jenis VISA Yang Dikeluarkan KBSA Khazzanah

Afiliasi Khazzanah Tour Travel