Tips Umroh Di Musim Dingin

Khazzanah Tour

Khazzanah Tour

PT. Galih Tunggal Perkasa
Jl. Terusan Igusti Ngurah Rai No. 06
Pondok Kopi - Jakarta Timur 13460

Hubungi: 0877 8719 3909

Tips Umroh Di Musim Dingin



Umroh Musim Dingin

Ada pertanyaan menarik yang muncul, Apa mungkin di Timur Tengah tepatnya di tanah suci mengalami musim dingin, bukannya di tanah suci itu padang pasir yang notabennya adalah suhu yang cukup panas, bahkan lebih panas dari Indonesia. Nah bagaimana mungkin di arab bisa ada musim dingin, Musim dingin di tanah suci itu terjadi kisaran di bulan Oktober sampai dengan bulan Desember kadan bisa sampai bulan Februari.

Arab Saudi suhu tetap tinggi atau panas sehingga ketika peziarah mengunjungi Makkah dan Madinah untuk melakukan Umroh pada bulan Desember para jamaah sering merasa takjub. Terutama, jika ini adalah kunjungan pertama mereka karena mereka beranggapan bahwa di Arab Saudi pastilah panas.

Arab Saudi terdapat dua musim, yaitu musim panas dan musim dingin. Di Arab perubahan suhu sangat ekstrim tidak seperti di Indonesia, kalau di arab musim panas suhu bisa mencapai diatas 50 derajat dan pada musim dingin suhu udara bisa mencapai atau kisaran 0 sampai 10 derajat.

Ada waktu waktu tertentu dimana arab Saudi pada siang hari begitu panas, tapi begitu berganti malam maka suhu udara akan berubah derastis menjadi sangat dingin, bahkan ada jamaah yang memakai jaket tebal bila malam tiba.

Persiapan umroh pada saat musim dingin


Seperti halnya umroh pada umum, persiapannya pun sama. Hanya umroh pada musim dingin persiapan ditambah dengan membawa baju hangat atau jaket yang tebal serta obatan-obatan pribadi bagi jamaah yang mempunyai masalah dengan suhu dingin, kemungkinan pada Umroh Ramadahan kali ini terjadi musim dingin.

Berikut Tips Umroh Musim Dingin yang dapat kami rangkum, antara lain:
  1. Setelah bangun tidur sebelum memulai aktivitas melakukan peregangan atau olahraga kecil yang dapat memacu metabolisme tubuh, setelah sholat subuh di masjid kembali ke penginapan dengan berlari-lari kecil atau berjalan sambil peregangan otot tangan, kaki dan yang lainnya.
  2. Pergunakan pakaian hangat atau pakaian yang dapat melindungi dari udara dingin, bila sedang mengenakan ihram, pegunakan ihram khusus di musim dingin yaitu kain ihram yang tebal yang masih di perbolehkan dan tidak menyebabkan kita terkena dam.
  3. Bila diperlukan, gunakan pelembab kulit serta pelembab bibir, karena pada saat berada di udara dingin kulit akan kering jika anda menggunakan pelembab kulit makan akan mengurangi penguapan air pada kulit anda. Gunakan pelembab untuk bibir agar kita tidak mengalami pecah pecah pada bibir kita.
  4. Minum dengan air hangat agar menjaga suhu tubuh tetap stabil. Bila diperlukan mandi menggunakan air hangat, hampir sebagian besar hotel di Madinah dan Mekah menyediakan fasilitas air hangat untuk mandi pada saat musim dingin tiba.
  5. Bila kita sedang berada di Mandinah, usahakan anda datang ke masjid lebih awal dari agar anda bisa berada di dalam masjid. Karena di Madinah pada musim Dingin, udaranya lebih dingin di bandingkan di mekkah. Oleh karenanya jika anda datang telat ke masjid sudah dapat dipastikan ada sholat di luar Masjid.
  6. Hal yang menjadi perhatian pada saat kita berada di Mekah tempat yang sangat dingin itu terdapat di Arafah, Mina dan Muzdalifah karena merupakan tempat tersebut berupa tanah lapang terbuka dan luas.
Demikianlah tips singkat Umroh pada saat musim dingin semoga bermanfaat bagi para pembaca, sekali lagi kemungkinan Umroh Ramadhan kali ini bisa bertempatan dengan musim dingin di Mekah dan Madinah

Percayakan perjalanan umroh anda hanya pada Travel Umroh yang terpercaya seperti Khazzanah Tour

Link Terkait
Umroh Ramadhan 2017

Tips Umroh Di Musim Dingin Khazzanah

Afiliasi Khazzanah Tour Travel